Jumat, 04 April 2014

makna kedamaian



Aku putus asa dengan apa yang telah aku lakukan, yang ada di benak ku hanyalah bagaimana aku bisa keular dari situasi ini. Aku tak pernah berpikir untuk menyelesaikannya, bagiku kedamaian dalam hidup adalah segalanya. Hidup lurus tanpa masalah adalah yang aku inginkan, akan tetapi kenyataan hidup tak seperti itu, dimana setiap jalan yang aku tempuh selalu ada rintangan yang harus aku hadapi.

Kedamaian bukan berarti berada disuatu tempat yang jau hadi marabahaya dan sepi dari ancaman. Bukan juga terbebas dari segala tuntutan disiplin dan kerja keras. Akan tetapi makna kedamaian adalah ketika lutut tidak bergetar dan nyali tidak menciut ketika berada diambang batas kemampuan manusia untuk mengatasi tantangan paling mematikan.
Ketika saya membaca kata-kata tersebut, mulailah saya menyadari bagaimana kita harus menyikapi suatu permasalahan, dimana suatu permasalahan itu bukanlah untuk dihindari akan tetapi untuk dihadapi. Karena adanya permasalahan itulah kehidupan jadi lebih bermakna.
Seperti dalam anonim “ jalan mulus dan lurus tidak akan pernah menghasilkan pengemudi hebat. Laut yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut tangguh. Langit yang cerah tidak akan menghasilkan pilot andal. Hidu tanpa masalah tidak akan membuat orang menjadi kuat. Karena itu, jadilah orang yang andal dan tahan uji dalam menerima berbagai tantangan hidup”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar