Selasa, 15 April 2014

Ulil amri di warung kopi



Lur ,,, aku iki nembe balik kuliah e,,, rosone kesel lur,,, enake ngopo iki yo. Tadi itu saya kuliah berangkat jam 10pagi- an lur, terus pulangku jam 18;30 lur. Ne koyo iki ki enake nang warung kopi,,, sopo ngerti ono si waud “koncoku”. Lan sing luih penting biasane nang warung kopi Ne’ bengi-bengi iku cw ne ayu-ayu… :D

Bejo: walah bener toh,,, jam serene iki awakmu pasti nang kene ud… belajar-belajar ronoh lo ud,,, mahasiswa kok kerjaane mung ngopiiii wae… organisasi yo ora aktif…!!!
Waud : opo toh jo… yo ngene iki wong sukses… uripe ga tau pusing koyo  awakmu iku….urip iku di gawe santé wae jo,,, jo,,,
Bejo  : ah,,, dirimu itu loh,,, pinter ngeles.
Waud  : hahaha….  Ngomong-ngomong pye mau kuliah?
Bejo  : yo seperti biasa lah ud,,, ada dosen ada mahasiswa,,,  heheh
wah tadi itu mata kuliah tafsir ayat ahkam ud…
waud :wah wah wah… gimana tu jo… diajari apa?  tentang apa…?
bejo   : alah,,, nggaya mu loh,,, sok perhatian dengan kuliah…
ngene ud… aku mau iku di jelaske ayat tentang pemimpin jo… pas banget lah sama situasi sekarang,,,  pesta demokrasi udd”
waud : wah,,, kayaknya nyesel nih aku tadi ga berangkat… terus katanya gimana jo,,, kata bapaknya mau ndukung siapa,,, ?
bejo   : halah,,, malah ndukung sopo,,,!!! bapaknya tu membahas ayat yang berbunyi “ya ayuhaladzi naamanu atiullah wa atiurasulla wa ulilamri minkum,,,,ila ahirihi” . jadi begini ud,,, ternyata dalam kitab itu banyak perbedaan mengenai ulil amri… ada pendapat yang mengatakan ulil amri itu adalah seperti hulafau rasyidin, raja, sultan dll, termasuk juga pemimpin perang ketika nabi Muhammad tidak mengikuti perang ud… “amiru saraya”.ada juga yang mengatakan yaitu orang yang memberikan fatwa dengan hukum syariat. Kalo menurut kamu gimana ud, kalo presiden itu bisa dimasukan pe tipe ulilamri yang dimaksud di ayat tersebut ga?
Waud :owh ngono yo,,, kalo menurut saya sih yes,,, hehehe  guyon jo. Begini jo menurut saya itu… menurut saya itu ulilamri adalah orang yang menjadi pemimpin dimanapun dia berada… bisa pak ustadz kalo di madrasah, guru di sekolah dll. Jadi menurut saya itu presiden itu juga termasuk ulilamri dalam konsep ayat tersebut… ya walaupun sering gawe mangkel jo…
Bejo  : hahaha,,, mangkeli ati yo,,, malahan ada lagi ud,,, jadi kalo pendapat rowaafid atau orang di luar suni ia mengatakan bahwa ulil amri itu adalah ahlul bait-nya nabi. Soale ngene ud… jadi orang syiah itu memiliki prinsip ishmatul aimah atau kesucian para imam beda dengan orang suni, karena orang suni itu hanya memiliki prinsip ishmatul ambiya  atau kesucian para nabi. Jadi menurut orang suni itu walaupun iya seorang kiyai, habib, atau auliya… mereka itu masih punya kekurangan “dosa”. Malahan menurut orang syiah yang ekstrim itu ia mengatakan ulil amri itu adalah sahabat ali bin abitalib, sedangkan ulil amri sebelum ali itu adalah batil.
Waud : wah,,, kalo kaya gitu ntar bapak ku bukan ulim amri dong… padahal lurah loh…  tapi santai aja dink… itu kan menurut syiah,,, aku kan orang suni J . tapi ngene jo… menurut ustad saya itu ya, waktu ngaji kemaren katanya syiah itu ada yang mendekati suni ajarannya, ia mengatakan bahwa syiah yang ajarannya hampir sama dengan suni itu mengakui adanya kepemimpinan sebelum ali, akan tetapi yang lebih afdhol itu sahabat ali, Malahan kitab-kitab karangan ulama syiah yang aliran itu tu,,, banyak yang di kaji oleh para orang-orang suni. Seperti kitab hadis nailul wathan karangan imam assyaukani, terus kitab subulussalam karangan imam san’a  syarah kitab bulughul maram karya ibnu hajar al-askolani. Ngerti to,,, itu kitab yang masyhur di ajarkan di pondok-pondok.
Bejo  : hmmm pinter juga kamu ud,,, iya bener tu ud,,, itu tu namanya aliran syiah zaidiyah ud,,,. Terus tau ga ud,,, kenapa dalam ayat tadi itu,,, ketika mengatakan ulil amri,,, lafad atiu-nya kok di buang malah di wawu athof kan,,, ga kaya lafad atiu rasul???
Waud : baru tau lu jo,,, !!! (ngroso gumede ) ya tau lah,,, itu tu ya terserah allah, orang allah yang buat ayatnya kok,,, emang allah tu punya aturan mainnya… allah itu ya muhalafatu lil hawadisi di segala hal…
Bejo  : wah,,, jan asem tenan w ud,,, tak rungo ke tenanan kok,,, kalo jawabannya kaya gitu sih jadi ga ada pertanyaan ud… gini ud,,, jadi mengapa dalam lafad ulil amri itu lafad atiu-nya di hilangkan tu karena taat kepada allah dan rasulnya itu udah pasti,,, kan ma’na dari lafad atiullaha wa atiu rasul-tu maknanya al-qur’an dan as-sunah… akan tetapi taat pada ulil amri itu ada persyaratannya, ini hadis nabinya fala thaata limahlukin fi ma’shiyatil haaliq. Dan laad farudduhu ilallahi warasulihi itu maksudnya adalah bukan seperti lafad atiullaha wa atiurasulla karena kalo dimaknai demikian, maka al-qur’an itu akan memiliki kata ambigu atau pengulangan, padahal al-qur’an itu terhindar dari hal yang demikian. Maka lafad farudduhu ilallahi warasulihi itu artinya adalah permasalahan yang belum ada jawabannya dalam al-qur’an dan as-sunah maka di ambilah ilat-ilat yang sama dengan permasalahan yang ada jawabannya dengan al-qur’an dan as-sunah ud.
Waud  : owh… ngono yo,,, kalo begitu berate ini juga termasuk ayat al-qur’an untuk penguat dali qiyas ya jo….
Bejo  : betul ud,,, ya intine ulil amri itu adalah ahlulhal wal akdi . yang penting punya ilmu untuk suatu permasalahan dan menjawabnya-pun dengan tujuan li I’lai kalimatillah .
Waud  : yo yo yo…. Dadi nambah ikiii ilmu-ku…hehe.  kalo gini kan jadi ga rugi jo  tadi ga masuk kuliah… kan ws di tambal ilmune ambe awakmu jo… hehehe
Bejo : ngono yo,,, kalo gitu aku juga ngga mau rugi donk… bu jum “penjual”,,, niki kopi, rokok, kalih gorengane sing mbayar mas waud nggih. “LANGSUNG MELAYU BALI”
Waud  : wah,,,, asem w jo,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar