Lur ,,, aku iki nembe balik kuliah e,,, rosone kesel lur,,, enake
ngopo iki yo. Tadi itu saya kuliah berangkat jam 10pagi- an lur, terus pulangku
jam 18;30 lur. Ne koyo iki ki enake nang warung kopi,,, sopo ngerti ono si waud
“koncoku”. Lan sing luih penting biasane nang warung kopi Ne’
bengi-bengi iku cw ne ayu-ayu… :D
Bejo: walah bener toh,,, jam serene iki awakmu
pasti nang kene ud… belajar-belajar ronoh lo ud,,, mahasiswa kok kerjaane mung
ngopiiii wae… organisasi yo ora aktif…!!!
Waud : opo toh jo… yo ngene iki wong
sukses… uripe ga tau pusing koyo awakmu
iku….urip iku di gawe santé wae jo,,, jo,,,
Bejo : ah,,, dirimu itu loh,,, pinter ngeles.
Waud : hahaha…. Ngomong-ngomong pye mau kuliah?
Bejo : yo seperti biasa lah ud,,, ada dosen ada
mahasiswa,,, heheh
wah tadi itu mata kuliah tafsir ayat ahkam ud…
waud :wah wah wah… gimana tu
jo… diajari apa? tentang apa…?
bejo : alah,,, nggaya mu
loh,,, sok perhatian dengan kuliah…
ngene ud… aku mau iku di jelaske ayat tentang pemimpin jo… pas
banget lah sama situasi sekarang,,, “pesta
demokrasi udd”
waud : wah,,, kayaknya nyesel nih aku tadi ga
berangkat… terus katanya gimana jo,,, kata bapaknya mau ndukung siapa,,, ?
bejo : halah,,, malah ndukung sopo,,,!!!
bapaknya tu membahas ayat yang berbunyi “ya ayuhaladzi naamanu atiullah wa
atiurasulla wa ulilamri minkum,,,,ila ahirihi” . jadi begini ud,,, ternyata
dalam kitab itu banyak perbedaan mengenai ulil amri… ada pendapat yang
mengatakan ulil amri itu adalah seperti hulafau rasyidin, raja, sultan dll,
termasuk juga pemimpin perang ketika nabi Muhammad tidak mengikuti perang ud… “amiru
saraya”.ada juga yang mengatakan yaitu orang yang memberikan fatwa dengan
hukum syariat. Kalo menurut kamu gimana ud, kalo presiden itu bisa dimasukan pe
tipe ulilamri yang dimaksud di ayat tersebut ga?
Waud :owh ngono yo,,, kalo menurut saya sih
yes,,, hehehe guyon jo. Begini jo
menurut saya itu… menurut saya itu ulilamri adalah orang yang menjadi pemimpin
dimanapun dia berada… bisa pak ustadz kalo di madrasah, guru di sekolah dll.
Jadi menurut saya itu presiden itu juga termasuk ulilamri dalam konsep ayat
tersebut… ya walaupun sering gawe mangkel jo…
Bejo : hahaha,,, mangkeli ati yo,,, malahan
ada lagi ud,,, jadi kalo pendapat rowaafid atau orang di luar suni ia
mengatakan bahwa ulil amri itu adalah ahlul bait-nya nabi. Soale ngene ud… jadi
orang syiah itu memiliki prinsip ishmatul aimah atau kesucian para imam
beda dengan orang suni, karena orang suni itu hanya memiliki prinsip ishmatul
ambiya atau kesucian para nabi. Jadi
menurut orang suni itu walaupun iya seorang kiyai, habib, atau auliya… mereka
itu masih punya kekurangan “dosa”. Malahan menurut orang syiah yang
ekstrim itu ia mengatakan ulil amri itu adalah sahabat ali bin abitalib,
sedangkan ulil amri sebelum ali itu adalah batil.
Waud : wah,,, kalo kaya gitu ntar bapak ku
bukan ulim amri dong… padahal lurah loh… tapi santai aja dink… itu kan menurut
syiah,,, aku kan orang suni J .
tapi ngene jo… menurut ustad saya itu ya, waktu ngaji kemaren katanya syiah itu
ada yang mendekati suni ajarannya, ia mengatakan bahwa syiah yang ajarannya
hampir sama dengan suni itu mengakui adanya kepemimpinan sebelum ali, akan
tetapi yang lebih afdhol itu sahabat ali, Malahan kitab-kitab karangan
ulama syiah yang aliran itu tu,,, banyak yang di kaji oleh para orang-orang
suni. Seperti kitab hadis nailul wathan karangan imam assyaukani, terus
kitab subulussalam karangan imam san’a syarah kitab bulughul maram karya
ibnu hajar al-askolani. Ngerti to,,, itu kitab yang masyhur di ajarkan di
pondok-pondok.
Bejo : hmmm pinter juga kamu ud,,, iya bener tu
ud,,, itu tu namanya aliran syiah zaidiyah ud,,,. Terus tau ga ud,,, kenapa
dalam ayat tadi itu,,, ketika mengatakan ulil amri,,, lafad atiu-nya kok di
buang malah di wawu athof kan,,, ga kaya lafad atiu rasul???
Waud : baru tau lu jo,,, !!! (ngroso
gumede ) ya tau lah,,, itu tu ya terserah allah, orang allah yang
buat ayatnya kok,,, emang allah tu punya aturan mainnya… allah itu ya muhalafatu
lil hawadisi di segala hal…
Bejo : wah,,, jan asem tenan w ud,,, tak rungo ke
tenanan kok,,, kalo jawabannya kaya gitu sih jadi ga ada pertanyaan ud… gini
ud,,, jadi mengapa dalam lafad ulil amri itu lafad atiu-nya di
hilangkan tu karena taat kepada allah dan rasulnya itu udah pasti,,, kan ma’na
dari lafad atiullaha wa atiu rasul-tu maknanya al-qur’an dan as-sunah…
akan tetapi taat pada ulil amri itu ada persyaratannya, ini hadis
nabinya fala thaata limahlukin fi ma’shiyatil haaliq. Dan laad farudduhu
ilallahi warasulihi itu maksudnya adalah bukan seperti lafad atiullaha
wa atiurasulla karena kalo dimaknai demikian, maka al-qur’an itu akan
memiliki kata ambigu atau pengulangan, padahal al-qur’an itu terhindar dari hal
yang demikian. Maka lafad farudduhu ilallahi warasulihi itu artinya
adalah permasalahan yang belum ada jawabannya dalam al-qur’an dan as-sunah maka
di ambilah ilat-ilat yang sama dengan permasalahan yang ada jawabannya dengan
al-qur’an dan as-sunah ud.
Waud : owh… ngono yo,,, kalo begitu berate
ini juga termasuk ayat al-qur’an untuk penguat dali qiyas ya jo….
Bejo : betul ud,,, ya intine ulil amri itu adalah ahlulhal
wal akdi . yang penting punya ilmu untuk suatu permasalahan dan
menjawabnya-pun dengan tujuan li I’lai kalimatillah .
Waud : yo yo yo…. Dadi nambah ikiii
ilmu-ku…hehe. kalo gini kan jadi ga rugi
jo tadi ga masuk kuliah… kan ws di tambal
ilmune ambe awakmu jo… hehehe
Bejo : ngono
yo,,, kalo gitu aku juga ngga mau rugi donk… bu jum “penjual”,,, niki
kopi, rokok, kalih gorengane sing mbayar mas waud nggih. “LANGSUNG MELAYU BALI”
Waud : wah,,,, asem w jo,,,,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar